Skip to the content Home .:. About .:. Biography
Faldo Maldini
Gender Male
Ethnic Indonesian
  Minangnese
Job Indonesian Politician
  PSI Politician
  ex PAN Politician
  Mantan Wasekjen PAN
  Ketua BEM UI
  Ketua PPI UK
Desc xxxx

Affiliation

Political Party Partai Solidaritas Indonesia [PSI]
  ex Partai Amanat Nasional [PAN]
Org BEM UI
  Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom [PPI UK]

Education

University Universitas Indonesia [Fisika]
  Imperial College London [Plastic Electronics]

Notes

Dapil Jawa Barat V
Jawa Barat V Dapil Jawa Barat V pada Pemilu 2019 banyak disebut sebagai daerah pemilihan bagi para caleg ‘selebritas’ atau yang biasa muncul di stasiun televisi karena ada nama Primus Yustisio, Ferdinand Hutahaean, Fadli Zon, hingga Adian Napitupulu

2013 02 23 Interview

[q: Karir Organisasi dimulai dari mana?] Menjadi Sie Perlengkapan dimana - mana. Saya suka sie perlengkapan, ketika kita gak ada, orang ribut. Saya kalo ada kepanitiaan pasti selalu isi sie perlengkapan

[q: Bagaimana Hubungan Perkuliahan dan Organisasi?] Hubunganya terkadang saling bertentangan, ada hal yang harus dikorbankan. namun terkadang saling mendukung. Tapi menurut saya yang oke untuk berorganisasi adalah ketika kita telah selesai dengan diri kita sendiri. Jika dengan diri sendiri saja belum selesai pasti pada akhirnya kuliah kalian hancur, organisasi juga hancur. Jadi butuh keseriusan untuk memberikan prioritas diantara keduanya

[q: Kenapa BEM sering banget Demonstrasi?] Kalau ditanyakan sikap, saya sangat pro dengan gerakan massa. apa lagi buat orang - orang yang gak punya kekuatan seperti kita. Terkadang hal itu sering dibenturkan dengan kekerasan, tidak sesuai dengan zaman, dst. Demonstrasi akan selalu ada selama keran aspirasi masih mampet. Sederhana banget kenapa demonstrasi itu harus dilakukan, yaitu ketika lw gak bisa menyalurkan aspirasi lw melalui jalur - jalur yang ada. Jadi misalkan ditanya kenapa sih kalian demo? ya karena saluran aspirasinya udah mampet. Namun jika jalur aspirasinya bisa dijalani kita pasti optimalin banget. Jadi demo itu jalan terakhir, tapi yang sering orang lihat itu Cuma demonya aja, orang itu gak mau lihat proses perjuangan kita dalam menyalurkan aspirasi

[q: Bagaimana dengan perkembangan Gaya Demonstrasi Sendiri?] Memang saat ini mulai timbul Komunitas baru yang punya gaya gerakan berbeda. Misalkan kayak pake baju yang warnanya sama, atau flashmob bareng seperti apa yang dilakukan Tim Sukses Jokowi. Itu Semua adalah Gerakan Era baru menerut saya. Gerakan era baru belum tentu juga yang terbaik. Maksud saya kita boleh berkembang mengikuti zaman tetapi kita tidak boleh kehilangan nilai - nilai dasar

[q: Cerita sedikit tentang advokasi PKL di Stasiun UI?] Sebenarnya yang kita lawan sekarang (PT KAI) mereka ingin komersialisasi, penggusuran PKL itu bukan untuk pelayanan, tetapi murni untuk komersial. Kita ada dokumenya kok. Ya mohon doanya aja

[q: Demonstrasi pasti identik dengan politik , hubunganya anak muda dengan politik apa sih?] Yang bisa membuat Indonesia berubah ya ketika pemimpinya memiliki kemauan politik yang baik. Politik itu disalah maknain oleh anak muda. Kan secara definisinya Politik adalah usaha kita untuk menegakkan kesejahteraan bersama, tetapi sekarang anak muda banyak berpandangan bahwa politik hanya bicara tentang partai politik. Jadi anak muda itu jangan norak, jangan alergi, jangan fanatik sama hal yang namanya politik. tetap gunakan cara-cara politik yang sewajarnya. Ya anak muda harus berinteraksi dengan dunia politik, yang penting jangan norak aja. Justru ketika kita membatasi diri dengan politik malah jadi orang yang aneh. Kita Cuma capek-capek teriak tapi tidak pernah sampai tujuanya

[q: Hal-hal apa saja yang harus dilakukan anak muda hari ini untuk mempersiapkan dirinya menjadi pemimpin di masa yang akan datang?] Organisasi menurut saya adalah salah satu wadah untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Disini kita belajar berpikir, dan bukan menjadi robot yang Cuma bisa bilang ‘iya’. Di organisasi juga menjadi tempat kita belajar untuk menyampaikan pendapat. Orang-orang diluar negeri bisa maju karena terbiasa menyampaikan pendapatnya

Simpelnya sekarang liat aja di seminar-seminar atau website dan blog di Indonesia. Berapa banyak pertanyaan dan komentar yang ada? jauh banget bro sama apa yang terjadi diluar negeri. Terkadang karakter patuh itu malah membuat kita tidak berkembang, ya patuh itu juga ada tempatnya. dan perlu dipahami juga bahwa Pemimpin hari ini harus menyambungkan antara gerakan dan kemajuan zaman

Jangan lupa juga mempelajari orang-orang besar. Bagaimana mereka hidup , bagaimana mereka berkembang. Rata-rata mereka selalu keluar dari zona nyaman mereka. Saya juga ngajak anak muda untuk belajar human centered design, ya intinya belajar ala orang. Belajar apa yang masyarakat mau. Biar apa yang kita lakukan gak mental dari masyarakat

2013 11 23
Faldo Maldini memperoleh suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua PPI UK periode 2013-2014 menggantikan Haikal Bekti Anggoro. Ketiga Calon tersebut yakni Ray Zulham, Faldo Maldini dan Hafidz Surapranata. Pemilhan yang dilakukan pada Musyawarah Besar PPI UK di kampus Coventry University ini, dihadiri oleh perwakilan 31 cabang dari 32 cabang yang dimiliki PPI UK. Kebetulan Prof. Din Syamsuddin menyempatkan diri untuk hadir setelah sebelumnya berada di acara Religions for Peace, di Austria, di mana beliau diangkat menjadi Co-President
2018 12 22
Faldo Maldini mem-posting video saat berkampanye di Pasar Cisarua, Bogor. Meski mendukung Prabowo Subianto, Faldo tetap asyik menyapa pendukung capres petahana Joko Widodo

2018 12 22 Retrieve

Pemilu itu adalah soal memenangkan hati dan pikiran publik, bukan untuk mengalahkan siapa pun, apalagi menyerang, menabok, atau berkelahi. Masih ada waktu bagi kita untuk lebih mengenal. Masih ada waktu bagi kita untuk lebih merangkul. Jika terus berjuang dengan cara dan niat yang baik, InsyaAllah gagasan Adil dan Makmur akan diterima oleh mayoritas masyarakat Indonesia pada April nanti. Amin ya Rabb. Ayo terus bergerak!

[Video Faldo asyik menyapa pendukung capres petahana Joko Widodo] Saya heran kenapa video itu viral, tetapi makasih jadi banyak yang lihat. Video itu dari media sosial saya. Saya selalu posting tempat yang saya datangi, fungsinya untuk catatan perjalanan saya jadi caleg dan memudahkan menghitung dana kampanye yang saya keluarkan. Per Desember, saya sudah datangi 155 titik. Buat saya, politik itu soal silaturahim, harus makin banyak saudara

[Faldo lalu berbicara soal sosok Pak Wiswarman yang ternyata merupakan tetangga kampungnya di Sumatera Barat yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Kepada Faldo, Wiswarman mengaku sebagai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin] Awalnya, kami bicara pakai bahasa Minang. Tapi saya ajak pakai bahasa Indonesia pas mau bikin video itu. Di pasar itu katanya, hanya beliau orang Minang yang mendukung petahana. Kan unik itu, makanya saya ajak bikin video. Beliau pun bersedia

[Menurut Faldo, pilihan politik seharusnya tidak dijadikan alasan untuk berhenti bersilaturahmi. Perbedaan politik bukan alasan untuk tidak saling berbicara. Ia menyebut pileg sama pentingnya dengan pilpres] Harus benar-benar dilihat kandidatnya. Siapa pun pemerintahnya, warga butuh anggota DPR yang sungguh-sungguh berjuang, kritis terhadap pemerintah, berintegritas, dan inovatif, bukan yang manut-manut pada penguasa agar warga yang paling dapat benefit. Itu yang saya yakinkan pada beliau. Kami ingin menyatukan, bukan memecah belah

2019 04 22 Retrieve

Berdasarkan hitungan sejauh ini, insyaallah PAN dapat satu kursi. Namun belum tahu calegnya siapa

Sistem penghitungan hari ini membutuhkan banyak caleg yang kerja, vote getter-nya harus banyak. Kalau tidak, kursi partai papan tengah seperti kami ini bisa disikat partai besar semua. Yang terpenting, partai bisa aman kursi dulu. Siapa pun yang terpilih, insyaallah yang terbaik

[Faldo menegaskan pihaknya saat ini berfokus mengumpulkan formulir C1] Kami sangat sibuk ngumpulin, formulir C1 belum terkumpul semua. Saya sudah dua hari tidak terlalu perhatikan socmed. Baru tahu soal gosip ini

Kalau Bang Fadli tidak lolos, berarti tidak ada caleg yang lolos dari Jabar V. Belum ada yang lewati suara beliau setahu saya. Berarti yang bikin gosip bukan orang Kabupaten Bogor atau orang yang ingin membumbui hasil quick count pilpres kemarin, biar makin puas mengata-ngatai kubu oposisi. Kita doakan saja mereka sehat dan dimudahkan rencana-rencananya

2019 04 29 Retrieve

[Faldo Maldini mengenai persaingannya dengan sesama PAN Primus Yustisio] Bagi kami di PAN, pileg ini adalah game kolektif. Kalau partai lain, tokoh-tokoh dominan saja yang punya suara. Kalau di PAN, anak baru bisa bersaing ketat sama petahana

2019 09 23 Retrieve

[Faldo Maldini di Gedung MK menggugat UU Batas Usia Pilkada] Penetapan calon itu 8 Juli umur saya tuh (29 tahun), ulang tahun 9 Juli umur 30 tahun. Kurang sehari bagaimana mau daftar kalau timelinenya tidak diundur ya saya tidak bisa daftar

2019 10 05 Retrieve

[Faldo Maldini mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional] Sudah diberikan kemarin ke Sekjen, yang juga setelah itu bertemu Pak Zul [Zulkifli Hasan]. Saya menyatakan resmi mengundurkan diri dari Partai Amanat Nasional, setelah dua kali berkonsultasi dengan Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan dan tiga kali berdiskusi dengan Sekertaris Jendral PAN Bapak Eddy Soeparno

Pilihan ini saya ambil untuk menghindari kegaduhan setelah adanya dukungan dari partai politik lain kepada saya, untuk mencalonkan diri dalam kepala daerah . Saya tidak ingin nantinya ada anggapan bahwa saya memicu kegaduhan. Selain itu, saya juga ingin fokus dalam proses pencalonan kepala daerah, sebagaimana yang sudah diatur mekanismenya dalam Undang-undang

Pengunduran diri ini melalui process yang sangat baik, tanpa adanya paksaan dan saya selalu ingin membuka diri untuk silaturahmi serta bekerja sama dikemudian hari

2019 10 27
Faldo Maldini dikenalkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wiayah (DPW) PSI Sumatra Barat